Featured

Recent Posts

Sabtu, 22 Juli 2017

JOBSHEET EFI AVANZA

Job Sheet Tune Up EFI Avanza



A.    LATAR BELAKANG
Kendaraan terdiri dari sejumlah komponen, dengan dioperasikannya dalam waktu tertentu, maka kemampuan komponen yang fungsional  ( termasuk minyak pelumas dan kampas ) akan berkurang karena terjadi keausan, memburuk, berkarat, atau ada bagian-bagian yang perlu penyetelan. Tune Up adalah Menyetel ulang, membersihkan, serta mengganti komponen yang telah rusak atau aus dan melakukan perawatan berkala akibat penggunaan mobil terus menerus. Dengan kata lain Tune Up mesin adalah tindakan untuk mengembalikan kondisi mesin mobil pada taraf kerja mesin optimal. Sedangkan pekerjaan yang dilakukan antara lain adalah menyetel ulang, membersihkan serta mengganti komponen yang telah rusak atau aus.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan tune up mesin antara lain, siapkan peralatan yang diperlukan, tempat kerja atau bengkel bersih dari kotoran sehingga komponen-komponen mesin yang dibuka dan ditempatkan tidak kotor terkena debu. Kabel dari terminal baterai (accu) dilepas. Gunakan penunjang tetap jika kendaran didongkrak. Jangan sekali-kali menggunakan pahat atau palu untuk membuka mur baut yang memungkinkan mur baut tersebut lecet atau rusak. Jika menghendaki penggantian suku cadang mesin, gantilah dengan suku cadang yang asli. 
B.     TUJUAN
1.      Memperlambat kerusakan komponen mesin
2.      Menjaga kualitas mesin
3.      Mengembalikan kondisi mesin ke standar awal
4.      Mengoptimalkan kinerja mesin menjadi prima
 C.    PERSIAPAN DAN KELENGKAPAN KERJA
     1.      Perlengkapan Keselamatan Kerja
a)      Fender Cover, pasangkan fender cover pada kendaraan untuk melindungi fender kendaraan dari goresan maupun kotoran.
b)      Grill Cover, pasangkan grill cover untuk menutup bagian depan kendaraan.
c)      Steering Cover, pasangkan steering cover pada roda kemudi agar tidak kotor.
d)     Floor Cover, untuk melindungi lantai kendaraan bagian depan ( driver )
e)      Seat Cover, untuk melindungi tempat duduk bagian depan.
f)       Sepatu Safety, untuk melindungi kaki.
g)      Wearpack, sebagai pakaian kerja.
h)      Sarung Tangan, untuk melindung tangan.
i)        Masker, sebagai pencegah kotoran masuk kehidung dan mulut. 
        2.      Perlengkapan Alat kerja
               a)      Tool Cady, sebagai tempat penyimpanan dan wadah alat kerja                                                             b)      Kompresor , sebagai penyuplai utama udara bertekanan tinggi    
      Kain Lap, untuk membersihkan alat kerja yang kotor
d)     Stall Servis, sebagai tempat service mobil
e)      Airgun, untuk membersihkan komponen yang kotor dan lainnya
f)       Mobil Avanza
g)      Toolbox 1 set, 
h)      1 set kunci T dan shock
i)        Hydrometer
j)        Kunci busi
k)      Kompresi tester
l)        Multitester
m)    Fuller gauge
n)      Scan tool
o)      Radiator teste
p)      Manual workshop
q)      Fender cover  
       D.    PEMERIKSAAN KOMPONEN
a)      Air Filter (saringan udara)
Saringan udara harus diperiksa dan dibersikan secara rutin , sebab elementnya berangsur-angsur akan tersumbat dengan debu dan tidak dapat memberikan udara yang cukup pada mesin, menyebabkan tenaga mesin turun. Mesin avanza sendiri menggunakan seringan tipe kering.Prosedure Pemeriksaan :
1.    Buka kap mobil
2.    Lepas 4 pengikat tutup rumah saringan udara
3.    Ambil Saringan udara
4.    Periksa elemen saringan udara, apabila sudah sangat kotor maka ganti yang baru
5.    Bersihkan saringan udara menggunakan air gun dari bagian dalam lalu di bagian luar.
6.    Bersihkan juga rumah saringan udara dengan lap atau air gun
7.    Pasang kembali Saringan udara dan tutup saringan udara

b)     Fuel Filter  (saringan bahan bakar)
Saringan bahan bakar yang tersumbat akan menyebabkan berkurangnya jumlah pengiriman bahan bakar ke injection pump saat dibutuhkan mesin pada kecepatan tinggi/pada beban yang besar. Buka kran penguras dan semprot saringan dengan airgun dari saluran in sampai sisa bahan bakar habis. Prosedure Pemeriksaan:
    ·Meletakkan bak di bawah saringan agar bahana bakar tidak tumpah.
    ·  Mengendorkan saringan solar yang bekas dengan memutar berlawanan arah  jarum jam
       menggunakan tangan.
     · Membersikan tempat pemasangan agar saringan yang baru dapat dipasang dengan sebaik-baiknya.
     · Memutar saringan  bahan bakar  sampai permukaanya berhubungan.
     · Memutar saringan bahan bakar  dengan menambah 1/3-2/3 putaran.
           
c)      Engine Oil (Oli Mesin)
Oli Mesin merupakan salah satu bagian terpenting dalam pengoperasian kendaraan. Oli berfungsi sebagai pelumas, pembersih, pendingin, dan perapat komponen-komponen mesin yang bekerja secara berkala dan terus menerus selama kendaraan berjalan. Maka diperlukan pengecekan dan pemeriksaan pada Oli Mesin secara berkala agar tidak terjadi kerusakan pada komponen mesin. Pemeriksaan Volume Oli Mesin :
· Tarik Stick Oli lalu lap, masukkan lagi sampai mentok lalu tarik.
· Periksa volume oli dengan melihat garis batas low – full pada stick oli
· Apabila berada digaris low, maka oli perlu ditambah dengan Oli standart Toyota (TGMO)
· Pengisian / Penambahan Oli Mesin dilakukan membuka tutup oli pada cover valve.

Pemeriksaan kualitas Oli :
·  Oleskan jari ke stick oli.
·  Apabila oli terlalu encer, maka oli perlu diganti.
·  Periksa kuantitas Oli, apabila oli berwarna :
-  Hitam Pekat      : tercampur karbon
-  Putih Susu          : tercampur air
-  Merah                : tercampur bensin
-  Kelabu              : tercampur serbuk bantalan
·  Priksa kebocoran pada cylinder head, kemungkinan bocor karena pengencangan  
   baut cover valve kurang atau seal cover valve sudah rusak.
  Periksa kebocoran pada oil pan, kemungkinan bocor seal oli rusak, seal crank front·
   rusak atau seal crank rear rusak dan seal cover timming rusak.
   Kebocoran dekat pompa injeksi, kemungkinan seal O-ring pompa injeksi rusak.·

d)     Van Belt (Tali Kipas)
Tali Kipas atau Van belt berfungsi untuk menghubungkan putaran mesin dengan Alternator dan Kipas Pendingin. Tali Kipas harus dalam keadaan yang tidak terlalu kendor  atau juga tiak terlalu kencang agar tidak lepas atau putus. Tali kipas juga tidak boleh terlalu aus agar tidak terjadi slip dan menimbulkan bunyi saat berputar.
Memeriksa Kondisi Van Belt :
1.  Lepas Van belt dengan menggerakkan alternator keatas
2.  Balik van belt, lalu lipat
3.  Lihat kondisi ulirnya, apabila sudah retak atau aus maka harus diganti.

Menyetel defleksi Van Belt :
1.    Siapkan Spring Scale dan penggaris
2.    Pasang vanbelt pada puli
3.    Letakkan ujung penggaris pada sisi van belt
4.    Tarik van belt menggunakan spring scale dengan tekanan 10 kg
5.    Baca defleksi van belt pada penggaris ( Standar Defleksi : 7-11 mm)
6.   Apabila kurang atau lebih, maka setel dengan menggerakkan alternator keatas atau kebawah, setelah selesai kencangkan kembali alternator.
e)      Baterai (Aki)
Baterai sebagai penyuplai utama arus listrik kekomponen-komponen mesin yang membutuhkan listrik untuk bekerja seperti motor starter, koil, platina, dll harus dalam keadaan yang siap pakai dan cukup untuk menyediakan energy yang dibutuhkan oleh mesin. Maka baterai juga perlu untuk dicek dan diperiksa kondisinya.
Memeriksa Kondisi Baterai :
1.    Cek kotak baterai dari kebocoran dan cacat
2.    Buka tutup ventilasi dan bersihkan lubang ventilasi
3.    Bersihkan terminal baterai dari kerak dengan air panas atau amplas
4.    Periksa volume elektrolit baterai dengan melihat garis batas volume elektrolit
5.    Apabila dibawah atau berada digaris “low”, maka perlu ditambah dengan air aki
Memeriksa Tegangan Baterai :
1.    Siapkan multi tester dan arahkan selector pada range 50 DCV
2.    Tempelkan testlead negative (hitam) ke terminal negative baterai dan testlead positif (merah) ke terminal positif baterai.
3.    Baca hasil pengukuran pada multi tester (Standard : 12 volt)
4.    Apabila kurang dari 12 volt maka baterai perlu diisi dengan battery charger
Mengukur Berat jenis Elektrolit baterai :
1.    Siapkan Hydrometer dan masukkan ke lubang pengisian
2.    Pompa Hydrometer hingga elektrolit naik
3.    Baca Hasil pengukuran : - Warna Hijau    : Baterai dalam keadaan baik
     - Warna Putih    : Baterai perlu diisi ulang
     - Warna Merah  : Baterai sudah jelek dan harus diganti
f)       Sistem Pendinginan
Sistem Pendinginan merupakan salah satu komponen mesin yang berfungsi untuk mengkondisikan  dan mensirkulasikan air pendingin agar sesuai dengan keadaan dan kebutuhan mesin.
Memeriksa Sistem Pendinginan :
1.    Periksa Fisik Radiator dari kerusakan dan kebocoran
2.    Periksa kran penguras, selang dan klem dari kebocoran dan kerusakan
3.    Periksa volume air pendingin pada reservoir tank, apabila dibawah garis low maka tambah dengan air suling.
4.    Periksa kondisi dan kualitas air pendingin, apabila air pendingin sudah sangat kotor maka perlu dikuras dan diganti dengan air pendingin yang baru.
5.    Periksa suara bearing-bearing dengan stetoskop.
6.    Pergantian air pendingin setiap kelipatan 20.000 km tanpa water coolant, jika menggunakan water coolant pergantian setiap kelipatan 40.000 km.
  Memeriksa Kebocoran Radiator :
1.    Siapkan Radiator Tester
2.    Buka tutup radiator, dan pasang radiatot terster pada lubang pengisian
3.    Lalu pompa radiator tester sampai tekanan maksimum 0,9 kg/cm2
4.    Tunggu beberapa saat, apabila jarum turun maka terdapat kebocoran pada radiator
Memeriksa Tutup Radiator :
1.    Pasang Radiator Tester pada tutup radiator
2.    Pompa radiator tester sampai tekanan 0.9 kg/cm2
3.    Apabila jarum penunjuk tidak turun maka tutup radiator sudah rusak
g)      Busi (spark plug)
Busi merupakan salah satu komponen mesin yang sangat penting. Tanpa busi, kendaraan tidak bisa hidup karena tidak ada api yang membantu pembakaran bahan bakar udara. Karena terjadi loncatan bunga api secara terus menerus pada elektroda, sehingga menyebabkan elektroda hangus dan juga celahnya mengecil. Maka perlu dilakukan pengecekan dan penyetelan pada celah busi agar sesuai dengan kondisi awal dan meningkatkan kinerja mesin.
Pemeriksaan Busi :
1.    Buka rumah saringan udara dengan melepas 5 baut 10mm yang mengikat.
2.    Lepas 4 socket sensor koil
3.    Lepas 4 koil dengan melepas 4 baut 10mm yang mengikat masing-masing koil
4.    Lepas 4 busi dengan kunci busi ukuran 16.5 mm
5.    Bersihkan ulir dan elektroda busi dengan sikat kawat
6.    Apabila elektroda sudah hangus dan aus maka ganti dengan busi yang baru

Penyetelan Celah Busi :
1.    Siapkan Setelan Busi
2.    Pilih Setelan pada 1.1 mm
3.    Pasang setelan busi pada celah busi
4.    Lalu setel sesuai dengan spesifikasi
5.    Setelah penyetelan selesai, semprot ruang bakar dengan injector cleaner
6.    Pasang kembali busi, koil dan sensor, dan terakhir pasang rumah saringan udara.

h)     Troubleshooting Tune Up Toyota Avanza
Perbaikan ini dilakukan, apabila ada kerusakan khusus dalam mesin kendaraan yang akan mempengaruhi kinerja dari semua bagian sistem EFI (Electronic Fuel Injection).

TROUBLESHOOT
SISTEM
BERMASALAH
KEMUNGKINAN
Mesin Susah Hidup
Sistem Bahan bakar, EFI, dan Pengapian
     · Jumlah suplai bahan bakar kurang
     · Pompa bahan bakar rusak
     · Baterai habis
     · Injector tersumbat atau mati
     · Socket injector mati
     · Busi tidak memercik
kan bunga api
Mesin Pincang / Bergetar Dengan Kuat
Sistem Pengapian dan EFI
     · Busi tidak memercik
kan bunga api
     · Koil mati / Tidak meng
alirkan arus
     · Injector tersumbat/tidak menyemprotkan bahan bakar
Mesin Mbrebet Pada Kecepatan Tertentu
Sistem Bahan bakar, EFI, dan Pengapian
     · Percikan Busi terlalu kecil
     · Saluran bahan bakar kotor
     · Kualitas bahan bakar jelek
     · Oli sudah terlalu kotor dan kental
     · Injector kotor
     · Saringan udara kotor
     · Campuran bahan bakar udara tidak tepat
     · Celah katup terlalu rapat
Mesin Boros
Sistem EFI Dan Pendinginan
     · Setelan bahan bakar tidak tepat
     · Throttle tidak rapat
     · Setelan Katup tidak tepat
     · Mesin Overheating
     · Sistem saluran bahan bakar tidak tepat
     · Injector bocor


E.     Langkah – langkah Penanganan Masalah
a)      Lakukan pemeriksaan pada setiap kemungkinan kerusakan komponen
b)      Periksa keadaan komponen tersebut, menurut standarisasinya
c)      Bila sudah tidak layak pakai atau sudah tidak sesuai standar maka dapat dilakukan pergantian atau penyetelan ulang

F.     HASIL PEMERIKSAAN
No
Pekerjaan
Hasil Pemeriksaan
Spesifikasi
Kesimpulan
Baik
Jelek
1
Persiapan Pelindungan Kendaraan Pengecekan Tools & Equipment
Lengkap
Peralatan Lengkap
V
-
2
Pemeriksaan engine oil
Baik
Garis full
V
-
2.1 Kondisi engine oil
Hitam kental
Coklat
-
V
3
3.1 Pemeriksaan tinggi Coolant
Baik
Garis full reservoir
V
-
3.2 Pemeriksaan radiator cap
108 Kpa
108 Kpa
V
-
3.3 Pemeriksaan kebocoran cooling system
Baik
Baik
V
-
3.4 Pemeriksaan sirkulasi coolant
Baik
Baik
V
-
4
Pemeriksaan Baterai
4.1 mengukur tegangan battery
13 Volt
13,6 volt
V
-
4.2 Pemeriksaan level dan berat jenis baterai
4.2.1 Berat Jenis 1
1225
1280
V
-
4.2.2 Berat Jenis 2
1250
1280
V
-
4.2.3 Berat Jenis 3
1250
1280
V
-
4.2.4 berat Jenis 4
1250
1280
V
-
4.2.5 Berat Jenis 5
1250
1280
V
-
4.2.6 Berat Jenis 6
1250
1280
V
-
4.3 Membersihkan tutup sel dan terminal baterai
Baik
Baik
V
-
5
Pemeriksaan Drive Belt
5.1 pemeriksaan dan membersihkan drive belt
Baik
Baik
V
-
5.2. menyetel ketegangan drive belt
80 Lbs
60 – 80 Lbs
V
-
6
Pemeriksaan dan membersihkan air filter
Baik dan Bersih
Baik
V
-
7
Pemeriksaan PCV valve
Baik
Baik
V
-
8
Pemeriksaan kerja MIL/check engine lamp
Belum dikerjakan
-
-
-
9
Pemeriksaan kerja fuel pump
-
-
9.1 pemeriksaan kebocoran komponen fuel system/mengukur tekanan bahan bakar
-
-
-
-
10
Pemeriksaan EFI fuse
-
-
-
-
11
Pemeriksaan EFI main relay
5k Ohm
10k Ohm
V
-
12
Pemeriksaan sensor – sensor
12.1 Pemeriksaan sensor deteksi udara (MAPS/MAFS)
1,5 K Ohm
1 K - 2,69k Ohm
V
-
12.2 Pemeriksaan kerja injektor
-
-
-
-
12.3 Mengukur resistansi injector
12.3.1 Injector 1
12,5 Ohm
12 - 15 Ohm
V
-
12.3.2 Injector 2
13 Ohm
12 - 15 Ohm
V
-
12.3.3 Injector 3
12 Ohm
12 - 15 Ohm
V
-
12.3.4 Injector 4
12.5 Ohm
12 - 15 Ohm
V
-
12.4 memasang sensor/ aktuator
-
50,4 Ohm
-
-
13
Pemeriksan spark plug (busi)
13.1 pemeriksaan kerja spark plug
Baik
Baik
V
-
13.2 Elektroda sprak plug
Baik
Baik
V
-
13.3 Menyetel celah spark plug dan membersihkan spark plug
13.3.1 Busi 1
1,0 mm
0,8 – 1.0 mm
V
-
13.3.2 Busi 2
0,8 mm
0,8 – 1.0 mm
V
-
13.3.3 Busi 3
0,9mm
0,8 – 1.0 mm
V
-
13.3.4 Busi 4
0,8 mm
0,8 – 1.0 mm
V
-
14
Penggunaan Diagnotice scan tools (DTC)
14.1 Membaca kode kerusakan (DTC) menggunakan diagnostic scan tools
Terlaksana (Terlampir)
V
-
14.2 Membaca engine speed dan ignition timing menggunakan diagnostic scan tools (current data)
Terlaksana (Terlampir)
V
-
14.3 Menghapus kode kerusakan (DTC) menggunakan diagnostic scan tools
Terlaksana
V
-
15
Mengondisikan mesin dan mengukur gas buang menggunakan engine gas analyzer
Terlaksana
V
-
16
Tes Kompresi
16.1 Busi 1
12,5 bar
12 - 14 Bar
V
-
16.2 Busi 2
12,9 bar
12 - 14 Bar
V
-
16.3 Busi 3
12,5 bar
12 - 14 Bar
V
-
16.4 Busi 4
12,5 bar
12 - 14 Bar
V
-
17
Coil
17.1 Nomor 1 dan 2
17.1.1 Sekunder
9K Ohm
8 - 10K Ohm
V
-
17.1.2 Primer
6,5K Ohm
6 – 8k Ohm
V
-
17.2 Nomor 3 dan 4
17.2.1 Sekunder
9,5K Ohm
8 - 10K Ohm
V
-
17.2.2 Primer
7,5K Ohm
6 – 8k Ohm
V
-
18
Sensor TPS
18.1 Tahanan terminal 1 dan 2
2,5 K Ohm
2 – 10 K Ohm
V
-
18.2 Tahanan terminal 2 dan 3 (Tertutup)
0,5 K Ohm
0,5 – 6 K Ohm
V
-
18.3 Tahanan terminal 2 dan 3 (Terbuka)
2,3 K Ohm
2 - 10 K Ohm
V
-
19
Minyak rem
Coklat
Kuning
-
V
20
Baterai
20.1 Voltage drop
2 Volt
3 Volt
V
-
20.2 Voltage idle
14 Volt
15 Volt
V
-

G.    KESIMPULAN
1.      Tune up pada mesin bertujuan untuk memeriksa komponen-komponen pada mesin tersebut secara berkala agar kondisi mesin selalu dalam keadaan baik, komponen yang diperiksa sebagai berikut, oli mesin, filter oli, radiator, filter udara, filter bensin, drive belf, busi, baterai dan tekanan kompresi
2.      Dalam melakukan tune up ada bebepara proses yang dilakukan, pertama kita lakukan pemeriksaan radiator yaitu periksa keadaan radiator, air radiator, kebocoran tutup radiator dan kebocoran radiator. kemudian pemeriksaan baterai yaitu periksa keadaan baterai, tegangan baterai dan elektrolit air baterai. Selanjutnya pemeriksaan oli mesin dengan mamariksa kekentalan oli mesin, warna oli, pengantian filter oli. Pemeriksaan saringan udara, pemeriksaan filter bensin dengan memeriksa keadaan filter bensin, membersihkan filter bensin. Pemeriksaan drive belfdengan memeriksa keadaan dan kekendoran drive belf. Pemeriksaan busi dengan memeriksa keadaan busi dan celah busi. Pemiksaan tekanan kompresi dengan mengukur tekanan kompresi silinder 1,2,3 dan 4
3.      Hati – hati dalam melepas injector karena seal pada injector riskan rusaksehingga mesin dapat menjadi pincang.

Lampiran 1
HASIL CURRENT DATA
NO
DATA SISTEM
STATUS
1
ENGINE SPEED
750 Rpm
2
INJECTION PULSE
2.4 ms
3
IDLE CONTROL
124 Step
4
AIR FLOW
0.66 V
5
INTAKE MANIFOLD PRESSURE
26 mmHg
6
LEFT AIR/FUEL
0.00 V
7
RIGHT AIR/FUEL
0.00 V
8
THROTTLE OPENING
0 Deg
9
IGNITION ADVANCE ANGLE
4 Deg
10
VEHICLE SPEED
0 Km/h
11
COOLANT TEMPERATUR
1 V
12
L 02 SENSOR
LEAN
13
R 02 SENSOR
LEAN
14
L OPEN/CLOSED LOOP
OPEN
15
R OPEN/CLOSED LOOP
OPEN
16
KNOCK SENSOR
NO
17
IDLE SWITCH
ON
18
START SWITCH
ON
19
A/C CLUTCH
OFF
20
P/N SW
P-N-
21
WARM START ENRICH
YES
22
ENRICH AFTER STARTING
YES

LAMPIRAN 2 : LEMBAR KERJA








Author Box

Assalamu’alaikum wr. Wb. Salam sejahtera untuk anda semua. Selamat bergabung dengan blog Otomediashare, blog yang menghimpun dan membagi berita, informasi terkini, dan pengetahuan seputar dunia otomotif. Mari maju bersama Otomediashare. Wassalam. , Follow us on: Facebook & Twitter

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar